Selasa, 25 Oktober 2016

Sengaja ke Pantai Penganak

Tanggal 19 oktober 2016, menjadi pengalaman pertama saya untuk berkunjung ke pantai Penganak. Padahal saya sendiri adalah penduduk asli Bangka, hehe. Pantai penganak ini lokasinya ada di Bangka Barat, di atas pulau atau di kepalanya pulau Bangka. Ahh, kok ribet yah nulisnya? Yang penting begitulah intinya yah, semoga kalian paham kalau sudah liat di maps. 

Saya memulai perjalanan dari Pangkalpinang. Kalau dilihat dari kalkulasi google maps, dari Pangkalpinang menuju ke pantai penganak ini kurang lebih berjarak 116 km dengan waktu tempuh 2jam 18 menit. Ingat ya, itu cuma asumsinya si mbah gugel loh! Soalnya tergantung pada kecepatan kalian masing-masing. Kalo saya mah, selo-selo aja yang penting sampe.

Jalan untuk menuju kesana sebetulnya jelas banget, tapi ketika masuk tiga kampung sebelum masuk area pantai membuat saya harus rajin bertanya kepada warga. Karena penunjuk jalannya tidak ada dan sinyal untuk maps pun seakan ditelan rimbunnya hutan lindung. Tapi tenang, warganya ramah-ramah kok . Mereka dengan senang hati memberikan petunjuk jalan kepada saya. Jadi jangan malu bertanya, nanti sesat di hutan loh! Bukan sesat dijalan, hehe.

oke! Akhirnya saya sampai di pantai Penganak, Air Gantang, Jebus - Bangka Barat. Huft, untuk menyebut lokasi ini aja harus lengkap banget yah, haha. Kesan pertama sampai di pantai Penganak ini adalah......? Loh-loh mana ini jalan buat turun kepasirnya? Ini kok banyak bus-bus dan mobil pickup gitu yang parkir di pinggir pantai tapi orangnya sepi sepi aja.


Usut punya usut ternyata pantai Penganak ini adalah tempat untuk menyebrangnya para pegawai pt timah yang bekerja di tengah laut sana. Tapi selain itu, juga untuk berlabuhnya kapal-kapal nelayan serta kapal-kapal besar untuk memperbaiki kapal mereka jika ada kerusakan mesin dikapalnya.

Kita tinggalkan gambaran yang ada di pantai selain yang saya sebutkan tadi. Pantai penganak ini memiliki potensi yang baik buat kalian untuk bertamasya kesini. Karena pasir pantai yang putih dan lembut serta pemandangan yang bagus, melihat air laut berwarna hijau. Kalian bisa menikmatinya dari dermaga, tempat bersendernya kapal. Bukan bersendernya kepala-kepala yang penuh kegalauan yah! Hahaha.

Ketika kalian berminat pergi kesana, maka kalian harus memiliki waktu yang longgar. Rugi bila hanya sehari lalu pulang atau sebentar saja disana, karena akan terasa capek. Selain perjalanan yang melelahkan disini adalah spot terbaiknya untuk melihat sunset yang sangat indah. Kalau pun kalian mau menginap disini banyak sekali spot yang kalian gunakan untuk mendirikan tenda camping.

Tapi, kalau kalian tidak mau ribet bawa peralatan camping, kalian bisa menginap di penginapan yang ada di Parit Tiga yang berjarak  lebih kurang 20 menit dari pantai. Itu khusus kalian yang mau eksplore lebih banyak di pantai. Pantai Penganak sebetulnya memiliki pontesi wisata yang sangat besar, tinggal bagaimana warga maupun pemerintah mengembangkannya saja.

Share:
Lokasi: Parittiga, West Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

2 komentar:

  1. ati2 bang biasanya hati yang galalu datang ke pulau gitu tau-tau ada yg muncul buat nemeni...hahah

    BalasHapus
  2. Makanya dilarang piknik sendirian apalagi sedang dalam masalah. Kalo butuh temen cuhat bs kontak ke ig kita yah kak @prisma_action

    BalasHapus